Cara Mudah Jaga Diri Tetap Aktif dan Sehat di Rumah

Cara Mudah Jaga Diri Tetap Aktif dan Sehat di Rumah

Olahraga

Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit pun sering dicari oleh kita yang memiliki kesibukan tinggi. Orang yang aktif rentan untuk terkena berbagai macam penyakit dibandingkan dengan orang yang memiliki sedikit mobilitas. Oleh sebab itu sangat penting bagi kita yang aktif untuk memperhatikan kesehatannya.

Karena orang yang mempunyai kesibukan tinggi dia akan mudah sekali lelah. Saat tubuh capek ataupun lelah sistem imun akan melemah, dan saat imun melemah itulah berbagai macam penyakit akan bisa masuk ke dalam tubuh. Orang yang sibuk dengan pekerjaannya pun akan kesulitan dalam mengatur pola tidurnya sehingga saat seseorang memiliki jam tidur malam yang sedikit dia akan mudah terkena berbagai macam penyakit akibat kurang tidur. Tidak hanya itu saja orang dengan kesibukan tinggi sering terkena stres dimana stres itu adalah penyebab utama dari berbagai macam penyakit serius.

Anjuran untuk membatasi kunjungan ke luar rumah kini sedang ramai disuarakan oleh berbagai pihak sehubungan dengan wabah corona Covid-19.  Ditambah dengan kebijakan work from home (WFH) yang sudah mulai dilaksanakan oleh banyak kalangan mulai dari pemerintah, instansi swasta dan lembaga lainnya.

Namun, bertahan di rumah bukan berarti ajakan untuk menjadi pasif dan diam seharian di rumah. Anjuran ini justru mendorong kita untuk menjaga kebersihan di rumah dengan mengurangi risiko terpapar virus maupun ancaman kesehatan lain yang ada di luar rumah.

Cara Mudah Jaga Diri Tetap Aktif dan Sehat di Rumah

Berikut beberapa langkah mudah untuk menjaga diri agar dapat tetap aktif dan sehat meski sedang berada di rumah.

    1. Kendalikan Stres

      Kelola emosi dengan baik, jangan mudah untuk marah-marah, hal ini sangat penting, karena akan membuat habis energi tubuh dan juga tidak baik untuk hati nantinya. Jadilah orang yang mudah tersenyum dan ramah karena ini baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

      Perasaan seseorang seperti sedih, marah, cemas, kecewa, dll akan direspon oleh organ tubuh lainnya. Stress yang dialami oleh seseorang bisa menjadi pemicu terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh, yang jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang berakibat tubuh rentan terkena penyakit.

      Maka dari itu, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat kita harus bisa mengendalikan stress yang kita miliki. Jangan pernah menganggap remeh penyakit stress ini. Stress yang tidak segera diatasi akan berubah menjaid depresi. Depresi merupakan tingkatan gangguan psikis yang lebih membahayakan dibandingkan dengan stress. Orang yang depresi bahkan bisa membahayakan keselamatan dirinya sendiri. Stres ini biasanya muncul di lingkungan kerja, lingkungan keluarga, lingkungan sosial atau bahka di lingkungan pergaulan. Agar terhindar dari depresi ada baiknya kita mengetahui bagaimana cara mengatasi stress yang efektif.

    2. Mengatur Jadwal

      Saat berada di rumah, sangat sulit untuk menahan diri dari berbagai godaan yang cenderung mengajak bersantai dan bermalas-malasan. Untuk menyiasatinya, buatlah jadwal rutin yang mengatur waktu olahraga selayaknya mengatur jadwal harian.

      Terdengar ekstrim mungkin, tapi memasukkan jadwal latihan ke dalam agenda menunjukkan kalau kebugaran tubuh memang menjadi prioritas bagi Anda, bukan sekedar hobi.

    3. Pilih Latihan Fisik/Olahraga yang Anda Sukai

      Untuk membantu memotivasi diri agar lebih disiplin, sesuaikan jenis latihan atau olahraga sesuai dengan minat agar mempunyai elemen yang menyenangkan dan tidak membebani. Jenis latihan fisik yang dilakukan juga dapat beragam, mulai dari intensitas rendah, sedang, hingga tinggi.

      Melakukan gerakan fitness/kebugaran sebaiknya lebih diperhatikan dibandingkan dengan olahraga permainan (seperti basket, tenis, sepakbola,) yang lebih berkonsep permainan untuk bertanding dan menang.

    4. Lakukan Sesuai dengan Panduan Profesional

      Untuk memastikan latihan fisik efektif dan efisien, kamu bisa mengikuti panduan coach profesional. Tidak sulit untuk mencari informasi dan referensi panduan olahraga dari coach profesional meski sedang berada di rumah.

    5. Kualitas Alat Olahraga

      Jika ingin menggunakan alat bantu olahraga, jangan lupakan kualitasnya. Produk yang berkualitas umumnya lebih tahan lama dan tentunya memberikan kenyamanan dan kemudahan saat melakukan latihan. Untuk mengetahui kualitas dari alat olahraga yang digunakan, pilihlah alat olahraga melalui brand yang sudah dikenal.

    6. Alokasikan Waktu untuk Istirahat

      Terlepas dari pentingnya menjaga kesehatan melalui aktif berlatih fisik, jangan pula lupa untuk alokasikan waktu untuk beristirahat. Waktu istirahat diperlukan untuk mengistirahatkan seluruh otot yang mungkin tegang akibat berolahraga.

Sehat itu mahal, jika sakit apapun yang kita punya bisa habis terjual buat berobat, oleh karena itu jika kita ingin berhemat, maka jalani saja pola hidup sehat. Hidup sehat sendiri sangat sederhana. Kita tinggal mengikuti saja cara menjaga kesehatan atau cara hidup sehat seperti uraian diatas. Jika kita disiplin dalam menjalankannya, selain hemat biaya dalam menjalankannya, kesehatan kita juga akan terjaga. Karena Kesehatan adalah kekayaan yang tidak ternilai harganya, oleh sebab itu jagalah kesehatan kita sebelum datang penyakit. Tidak ada penyesalan yang datang di depan, penyesalan selalu datang belakangan.