Cara Mudah Membentuk Otot Paha

Cara Mudah Membentuk Otot Paha

Olahraga

Olahraga tidak hanya menyehatkan tubuh tapi juga dapat membentuk otot paha. Ada banyak olahraga yang bisa Anda coba lakukan jika ingin mendapatkan paha yang kencang mulai dari angkat beban, squat, sepeda, lari dan beberapa olahraga yang lain. Untuk jenis-jenis otot paha yang dapat Anda latih ada tiga yakni otot yang berada di paha depan atau otot kuadrisep, otot di bagian paha dalam atau otot aduktor dan otot yang berada di paha belakang bernama otot hamstring. Jika Anda rutin melakukan olahraga yang menggunakan bagian bawah, tentunya otot Anda akan bertambah kencang dan semakin terbentuk.

Cara Membentuk Otot Paha dengan Berolahraga

Membentuk otot paha bukanlah hal yang mudah dilakukan. Tapi, jika Anda rutin berolahraga maka bukan tidak mungkin hal ini dapat terjadi. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin membentuk otot paha dengan berolahraga.

  1. Squat

Cara pertama adalah dengan melakukan squat atau berjongkok. Ini menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan jika ingin membentuk otot paha. Squat merupakan cara paling mudah yang bisa Anda lakukan di rumah. Anda bisa berjongkok kemudian berdiri secara perlahan dan mengulanginya lagi sampai beberapa kali. Anda bisa buat variasi jika ingin menambah beban latihan misalnya dengan memegang bola beban atau barbel.

  1. Olahraga lari

Selanjutnya, Anda bisa melakukan olahraga lari. Olahraga jenis ini termasuk olahraga kardio. Tidak hanya membakar kalori saja, lari juga dapat membuat otot paha dan kaki jadi lebih kuat. Olahraga ini merupakan olahraga yang cocok untuk meningkatkan stamina.

  1. Latihan beban

Jika ingin membentuk otot hamstring atau otot paha bagian belakang, Anda bisa coba melakukan olahraga latihan beban. Cara ini akan membuat tubuh Anda lebih banyak membakar kalori termasuk pada bagian paha. Paha Anda akan terlihat kencang dan bagus nanti. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, cobalah menggunakan barbel atau alat beban lain.

  1. Step-up

Melakukan olahraga step-up ternyata efektif untuk Anda yang ingin membentuk otot paha depan dan belakang. Olahraga ini sangat mirip seperti saat Anda sedang naik-turun tangga. Cara melakukan olahraga ini adalah dengan mencari bangku atau bisa juga tangga. Kemudian, Anda harus posisikan satu kaki Anda berada di anak tangga yang paling bawah kemudian angkat tubuh Anda seperti tengah akan menaiki tangga. Posisi mata tetap menatap kedepan dan jika sudah terangkat badannya, Anda bisa sentuhkan jari kaki anda ke bagian belakang kaki yang berada di anak tangga. Jika Anda bingung, Anda bisa bayangkan jika saat ini tengah menaiki tangga tapi jangan sampai melangkah. Anda bisa lakukan step-up ini 8 kali di setiap kaki dan ulangi hingga beberapa kali.

  1. Lunges

Selain itu, melatih otot paha juga dapat dilakukan dengan olahraga lunges. Jika ingin melakukan olahraga ini, maka Anda harus melakukan step by stepnya dengan baik. Anda harus berdiri terlebih dahulu dengan kaki kanan berada di depan kaki kiri dengan  jarak tidak lebih dari 1 meter. Kemudian, tangan Anda posisikan lurus ke samping tubuh dan tekuk kaki bagian kanan sampai membentuk sudut 90 derajat. Anda harus usahakan posisi tubuh agar tetap tegak. Kemudian, kaki bagian kiri harus mengikutinya secara perlahan-lahan. Tahan dulu beberapa detik dan posisikan lagi tubuh Anda seperti semula.

  1. Bersepeda

Dan terakhir, jika Anda ingin membentuk otot paha tapi juga sekaligus membakar kalori berlebih maka Anda bisa bersepeda secara rutin di tiap harinya. Ketika Anda mengayuh pedal sepeda, lama-lama otot paha akan terlatih dan terbentuk dengan sendirinya sehingga menjadi lebih kuat dan kencang.

Langkah Lain yang Dapat Membentuk Otot Paha

Selain berolahraga, ada juga langkah lain yang bisa Anda lakukan agar otot paha yang kencang bisa segera teralisasi. Anda harus mengimbangi olahraga di atas dengan pola makan yang sehat dan teratur. Anda juga harus perbanyak konsumsi air putih sebab air putih ini akan memaksimalkan pembentukan otot pada paha Anda. Jika Anda kekurangan cairan, artinya sumber energi akan lebih cepat terkuras. Dan ini tentu akan membuat tubuh jadi lebih lemah sebab otot-otot yang lelah dan menurunkan performa fisik.

Kemudian, Anda juga harus konsumsi kalori dalam jumlah yang pas. Konsumsi kalori harus dibatasi jika Anda ingin menurunkan berat badan Anda. Tapi bukan berarti kalori ini tidak boleh dikonsumsi. Jika Anda sudah rutin berolahraga, sepertinya tidak masalah mengonsumsi kalori jika masih dalam batas yang wajar. Dan langkah terakhir adalah dengan mengurangi konsumsi gula. Sebab jika Anda mengonsumsi gula dalam jumlah yang berlebih akan membuat lemak di paha bertambah banyak. Yuk mari mulai berolahraga untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.