Ingin Mencoba Berolahraga Kembali? Lakukan Langkah Ini Dulu

Ingin Mencoba Berolahraga Kembali? Lakukan Langkah Ini Dulu

Olahraga Ringan

Kesibukan, hobi, pekerjaan atau juga kondisi kesehatan kadang kala dapat menyita banyak waktu yang membuat Anda lupa dan tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Ketika kembali ke rutinitas ini, Anda mungkin akan kebingungan harus memulainya darimana. Jika Anda baru kembali berolahraga, Anda bisa ikuti langkah-langkah memulai berolahraga kembali yang akan dibahas pada artikel ini.

Langkah Memulai Kembali Rutinitas Berolahraga

 Jika Anda saat ini sudah kembali memiliki waktu luang dan ingin memanfaatkannya untuk berolahraga secara rutin, maka berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Punya niat yang kuat

Pertama, Anda butuh komitmen yang kuat apabila ingin memiliki tubuh yang bugar. Jadi Anda bisa persiapkan semua kebutuhan dan buatlah jadwal rutin yang akan digunakan untuk berolahraga. Sampingkan dulu hal lain yang akan mengganggu komitmen Anda untuk berolahraga kembali.

  1. Melakukan peregangan terlebih dahulu

Setelah niat berolahraga sudah ada dan Anda ingin kembali berolahraga, maka Anda perlu lakukan peregangan supaya otot tubuh jadi lebih luntur dan aliran darah Anda juga jadi semakin lancar. Olahraga peregangan ini penting agar performa tubuh Anda secara keseluruhan akan lebih meningkat dan risiko cedera pun bisa diminimalisir. Sebagai permulaannya, Anda bisa lakukan gerakan peregangan misalnya lunge sebelum memulai berolahraga. Anda bisa lakukan beberapa gerakan peregangan sekitar 1 menit di setiap gerakannya. Jadi jika Anda melakukan gerakan peregangan sebanyak 15 kali, artinya waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan ini adalah 15 menit.

  1. Coba aerobik ringan

Anda bisa awali rutinitas berolahraga dengan cara melakukan olahraga aerobik yang ringan. Biasanya berolahraga akan dilakukan selama 150-300 menit di tiap minggu jadi Anda bisa bagi waktu tersebut menjadi 20 sampai 30 menit di tiap hari. Coba lakukan olahraga aerobik yang ringan misalnya dengan jogging atau berjalan kaki. Anda juga bisa istirahat dulu selama 10 menit di tengah-tengah sesi kemudian lanjutkan lagi. Lama kelamaan nanti Anda akan terbiasa sehingga mudah melakukannya selama 20 sampai 30 menit tanpa perlu berhenti atau beristirahat di tengah sesi.

  1. Melatih otot tubuh

Jika Anda sudah mulai terbiasa melakukan aktivitas olahraga, maka ini saatnya untuk Anda melatih otot-otot tubuh yang jarang digunakan selama ini. Anda bisa lakukan gerakan yang dapat membuat otot jadi aktif misalnya squat, hamstring, lunge atau beberapa olahraga lain yang dapat menggerakkan otot-otot di seluruh tubuh. Anda juga bisa lakukan beberapa gerakan berikut apabila memiliki sarana yang memadai seperti Body TRX Workout dimana Anda bisa lakukan beberapa gerakan olahraga dengan bantuan tali yang elastis dimana tali ini bisa dipasangkan di langit-langit. Atau bisa juga melakukan gerakan plank selama 9 menit dimana gerakan yang dilakukan bisa bervariasi.

  1. Lakukan setiap gerakan dengan benar

Anda juga harus melakukan setiap gerakan dengan benar meski gerakan tersebut mudah untuk dilakukan. Anda harus ingat juga otot apa saja yang akan berkontraksi akibat melakukan gerakan tersebut. Biasanya ada beberapa area juga yang akan terasa nyeri. Jika Anda melakukan gerakan dengan benar dan ternyata Anda berhasil melakukan itu, tentu saja ini akan bermanfaat untuk menghindari kesalahan yang berdampak pada kesehatan.

  1. Menjalankan rutinitas olahraga 1 bulan tanpa henti

Anda tentu boleh menyusun target yang jangka waktunya lebih panjang pada saat memulai kembali berolahraga. Tapi setidaknya Anda bisa jalani komitmen dengan melakukan olahraga selama 1 bulan dulu. Bagi target Anda ke hal-hal kecil yang membuat Anda tidak kewalahan pada saat menjalani aktivitas tersebut. Begitupun jika Anda mampu menjalani rutinitas olahraga selama 1 bulan, Anda bisa lanjutkan lagi dengan target yang sama. Jika Anda putuskan kembali untuk berolahraga setelah sebelumnya berhenti, mungkin tidak mudah seperti yang dibayangkan. Tapi Anda harus komitmen dan menjalani rutinitas tersebut dengan teratur serta tidak memaksakan diri untuk melakukan langkah yang besar.

Pentingnya Olahraga di Tengah Wabah Pandemi

Di wabah pandemi yang sudah terjadi sejak beberapa bulan belakangan ini, olahraga menjadi kegiatan yang penting untuk dilakukan. Mengingat kesehatan dan daya tahan tubuh yang kuat harus dimiliki setiap orang jika ingin terhindar dari virus covid-19. Dengan melakukan olahraga secara rutin di tiap harinya, daya tahan tubuh akan lebih meningkat sehingga risiko terkena berbagai penyakit pun bisa lebih diminimalisir.

Tapi olahraga tidak disarankan dilakukan dengan intensitas yang tinggi apalagi dalam waktu yang berkepanjangan karena dapat membuat imun tubuh jadi menurun atau imunosupresi. Jadi Anda bisa lakukan aktivitas olahraga dalam batas yang wajar saja. Jangan memaksakan diri untuk melakukan aktivitas ini apalagi jika fisik tidak mendukung. Karena tujuan berolahraga adalah agar imunitas tubuh kita jadi lebih kuat jadi lakukan dengan benar. Jangan hanya karena aktivitas olahraga dengan intensitas tinggi membuat Anda mengalami cedera.