Jenis Latihan Olahraga Untuk Meningkatkan Berat Badan

Jenis Latihan Olahraga Untuk Meningkatkan Berat Badan

renang

Secara umumnya banyak orang berolah raga untuk menurunkan berat badan, tapi ada juga orang yang berolah raga untuk meningkatkan berat badan lho. Dan idealnya apakah dengan melakukan olah raga bisa menaikkan berat badan dan bagaimana caranya ? Jawabannya tentu sangat bisa karena pada dasarnya selain menyehatkan olahraga memang dapat membantu seseorang mendapatkan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal. Tentunya dengan melihat pola makan yang baik dan seimbang juga untuk membuat efektivitasnya lebih baik.

Jenis jenis olahraga untuk setiap kebutuhan pastinya akan berbeda beda juga tergantung dari kebutuhannya. Pada dasarnya olah raga untuk menaikkan berat badan ini adalah berfokus pada menaikkan massa otot sehingga selain mendapatkan massa tambahan pada otot juga bisa membentuk tubuh yang lebih menarik. Untuk itu mari kita lihat beberapa jenis latihan sesuai yang kami maksud di bawah ini

  • Latihan Beban

Baik pria maupun wanita bisa melakukan olahraga mengangkat beban untuk menaikkan massa otot yang ada di dalam tubuh. Pada dasarnya jenis latihan ini lebih sering di lakukan di gym agar lebih efektif dengan banyaknya alat yang bisa di gunakan untuk latihan lebih bervariatif. Akan tetapi jika memiliki barbel pastinya bisa di lakukan di rumah juga.

Pada saat mengangkat beban tentunya bisa di lakukan dapat membakar lemak dan dengan diet protein yang baik dapat meningkatkan massa otot yang secara langsung meningkatkan berat badan seseorang juga. Dengna pembentukan otot yang enak di pandang dan juga memberikan manfaat untuk latihan kardio

  • Latihan Push Up

Melakukan push up tergolong mudah dan dapat di lakukan dimana saja karena tidak menggunakan alat sama sekali. Simpelnya latihan ini tidak membuat anda bisa meragukan efektivitasnya karena push up juga bisa menambah massa otot dengan membuatnya terkoyak dan mengisinya lebih besar lagi.

Otot lengan dan punggung dari gerakan yang simpel dari push up sangat baik untuk membantu pembentukan otot di lengan sekaligus punggung. Melakukan push up juga perlu di lakukan dengan cara yang tepat dimana badan menghadap sejajar ke lantai dengan kedua tapak tangan di lantai dan bawa seluruh badan anda turun ke bawah mendekati lantai tanpa menyentuhnya dengan tangan di tekuk dan angkat kembali badan anda dengan meluruskan lengan.

Gerakan berulang ini lah yang akan memicu otot terlatih dan bisa membuat postur yang baik dan tujuan anda lebih maksimal tercapai. Jika di rasa terlalu berat push up melalui lantai maka bisa melakukannya pada posisi 45 derajat terlebih dahulu

  • Renang

Selain baik bagi kardio, renang adalah kegiatan olahraga yang baik dengan beragam manfaat yang bisa di dapat. Untuk yang ingin menurunkan berat badan renang di pilih karena bisa membantu membakar kalori dan lemak serta banyak sekali otot tubuh yang terangsang sehingga proses penurunan berat badan ini bisa berlangsung dengan baik.

Sedangkan bagi yang ingin meningkatkan berat badan pastinya juga merasakan manfaat dari pengencangan otot di seluruh tubuh serta memberikan kelenturan dan menaikkan massa otot secara proporsional dengan latihan yang rutin. Banyak yang mengaku dengan rutin berenang juga bisa menaikkan nafsu makan dan tentunya bisa di imbangin dengan diet mekanan yang sehat.

  • Latihan Pull Up

Adalah latihan yang mirip dengan push up dengan memanfaatkan berat tubuh untuk di angkat. Berbeda dengan push up yang bisa di lakukan tanpa alat, pull up bisa di lakukan dengan sebuah batang besi yang kokoh yang tertancap pada bagian atas dinding dimana anda bisa memangang bar besi tersebut dan menarik beban tubuh sendiri ke atas.

Meskipun mengangkat berat badan sendiri, push up dan pull up mempengaruhi otot yang berbeda selain tangan dan bisa memberikan keuntungan yang lainnya. Di saat melakukan pull up jangan terlalu memaksakan diri karena kelelahan dalam pull up lebih terasa di bandingkan push up. Jika merasa badan anda sudah tidak kuat maka hentikan saja dan lakukan lagi keesokan harinya, dan yang terpenting adalah rutinitasnya bukan dari jumlah repetisi yang terlalu di forsir dari awal. Anda bisa meningkatkan jumlah repetisinya di saat tubuh mulai semakin terbiasa.

  • Squat

Juga termasuk olahraga yang tidak membutuhkan alat dan telah di percaya para ahli sebagai latihan yang baik. Posisi untuk melakukan squat adalah berdiri dengan kaki sejajar dengan pinggul kemudian lakukan gerakan seperti ingin duduk di udara dan menahan gerakan itu.

Latihan ini bisa baik untuk punggung dan bokong dan saat melakukan latihan ini juga tidak perlu terlalu di paksakan karena bisa saja anda mengalami cedera karena belum terbiasa. Seperti halnya pull up lakukan hal ini berulang ulang dalam satu sesi latihan setiap hari