Penting Melatih Kelenturan Tubuh

Penting Melatih Kelenturan Tubuh

olahraga kelenturan

Halo sobat-sobat Pecinta Olahraga dan kesehatan, Pada kesempatan kali ini kami akan membahas pentingnya melakukan olahraga yang bisa memberikan Anda kelenturan atau fleksibilitas bagi tubuh anda. Bisa dibilang menjaga kelenturan sangatlah diperlukan bagi setiap manusia agar memudahkan anda melakukan pergerakan pergerakan dari yang biasa hingga gerakan-gerakan ekstrem yang mungkin akan dilakukan pada aktivitas tertentu.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan keuntungan dalam meningkatkan kebugaran fisik melalui kelenturan tubuh tapi topik ini sering sekali dilupakan karena menurut para olahragawan pada umumnya prioritas kelenturan bisa dibilang kurang dikedepankan.

Padahal menurut para terapi fisik dan para dokter menyetujui bahwa fleksibilitas adalah bagian paling penting dalam menjaga kebugaran tubuh supaya bisa berfungsi dengan optimal. Dalam banyak studi dan jurnal kesehatan dalam dunia medical juga berpendapat bahwa dengan memiliki fleksibilitas dan kelenturan yang tumbuh tinggi bisa mencegah terjadinya cedera dan menstabilkan tubuh Anda sehingga melindungi anda dari kondisi-kondisi yang menyulitkan dan juga penyakit seperti Arthritis.

Pada saat peregangan otot dilakukan anda akan membuat jangkauan tendon dan otot semakin fleksibel dan meningkatkan ukurannya secara tidak langsung. Artinya otot yang lentur adalah otot yang kuat juga. Dan latihan kelenturan juga memberikan secara keseluruhan. Terlebih lagi Jika anda memiliki kebiasaan dan rutinitas kerja yang buruk seperti bekerja dalam waktu yang lama di depan komputer dengan yang kurang baik. Peregangan juga dipercaya bisa membebaskan tekanan stress dalam tubuh anda dan pikiran.

Pada dasarnya peregangan tubuh atau yang biasa dinamakan dengan stretching berbeda dengan yang namanya Yoga. Meski keduanya memberikan kelenturan namun memiliki ideologi yang berbeda. Di dalam yoga yang menjadi fokus utama Anda adalah pernafasan dan latihan bernafas yang lebih dalam. Sedangkan dalam peregangan otot lebih bersifat pada membantu Anda mempersiapkan tubuh untuk memberikan kelenturan.

Latihan peregangan otot ini bisa dilakukan sebelum berolahraga berat dan mengurangi resiko terjadinya cedera dan juga bisa dilakukan setelah anda selesai melakukan olahraga berat ditambah sekitar 10 menit. Ada banyak latihan dan gerakan peregangan otot yang bisa dilakukan misalnya seperti Quad Stretch.

Latihan ini berfungsi untuk meregangkan otot pinggul dan hamstring,  ambil posisi anda dengan berlutut di lantai dimana lantai tersebut lebih baik anda taruh mat terlebih dahulu. Posisi jadwal lutut harus ditekuk dan tulang kering Anda menyentuh ke lantai. Anda dapat Mengayunkan kaki kiri ke depan sehingga posisi lutut kiri hingga 90 derajat di depan Anda. Telapak kaki kiri tetap menginjak lantai Persib sejajar di bawah kiri dan posisikan kaki kanan ada masih di tekuk mendata menempel dengan lantai sejajar dengan kaki kiri anda. Lalu taruh kedua Tangannya di atas lutut kiri dan Tekanlah pinggul ke depan bersandar untuk meregangkan sambil menjaga bagian atas tubuh harga tegak. Paham lah minimal 30 detik atau selama yang anda bisa kemudian lepaskan dan ulangi di bagian yang lainnya dari awal. Repetisi untuk gerakan ini bisa anda lakukan 3 kali atau lebih.

Latihan peregangan lainnya yang bisa anda lakukan adalah butterfly stretch  yaitu sebuah peregangan yang berfungsi membantu merelaksasi otot leher punggung dan paha sekaligus. Lakukan latihan ini dengan duduk ditekuk dalam seperti kedudukan bersila. Rapatkan kedua belah telapak kaki anda sehingga posisi kedua lutut ini menonjol keluar tubuh. Lalu Anda bisa menggenggam Kedua telapak kaki anda dengan tangan. Setelah itu Anda bisa menegangkan otot perut dan perlahan-lahan maju dan tubuh anda ke bagian depn sejauh yang mampu anda masukan dan tahan sekitaran 45 detik dan bahkan sampai 2 menit. Atau bahan sampai selama anda bisa. Gerakan peregangan ini termasuk mudah untuk dilakukan dan sekaligus memberikan manfaat yang cukup banyak.

Peregangan lower back atau punggung bagian bawah anda ada juga perlu dilakukan. Latihan ini akan memberikan relaksasi di bagian bawah punggung sekaligus atas secara bersamaan. Mulailah dengan berbaring di posisi terlentang kemudian lutut Anda bisa ditekuk hingga membentuk posisi 90 derajat dengan telapak kaki mendatar menginjak lantai kemudian paruh kedua tangan anda di belakang paha dan tariklah kedua kaki Anda ini ke arah dada anda. Barisan ini perlu dilakukan semaksimal mungkin sehingga perasa anda perlawanan dan anda bisa menahan nya selama yang anda sanggup atau minimal 30 detik. Namun jika Anda memang tidak kuat untuk menahan nya sampai 30 detik maka bisa melepaskan dan kembali ke posisi awal.

Dalam posisi yang masih terbaring Anda bisa meluruskan kedua kaki kemudian tekuklah satu kaki dan dorong tumit menuju ke arah bokong. Anda bisa meraih pergelangan kaki anda dengan tangan anda n’. Tariklah kaki anda secara diagonal mengarah ke bahu yang berlawanan sampai terasa sakit dan kemudian tahan hingga 30 detik. Ganti kaki anda dan ulangi. Itulah tadi manfaat dari melakukan peregangan dan beberapa contoh peregangan yang dapat dilakukan semoga informasi ini bermanfaat.