Permainan Bola Basket Di Indonesia

Permainan Bola Basket Di Indonesia

Bola Basket

Perkembangan Basket dianggap sebagai olahraga yang unik, karena di citapkan dengan tidak sengaja oleh seorang guru olahraga. Pertandingan resmi bola Basket disenggalarakan pada tanggal 20 Januari 1892, olahraga inipun menjadi sangat terkenal di Amerika Serikat. Awalnya setiap team hanya berjumlah 9 orang dan tidak ada dribble, sehingga cara mainnya hanya melalui pass.

Tahun 1920-an perantau dari Cina masuk ke Indonesia dengan membawa permainan olahraga Basket yang sudah dua tahun berkembang disana. Mereka membentuk komunitas tersendiri termaksud mendirikan sekolah Tionghoa, dan di sekolah itu bola basket menjadi olahraga wajib yang harus dimainkan oleh setiap siswa. Dan tidak heran jika disetiap sekola selalu ada lapangan Basket.

Akhirnya pada tahun 1930-an kelompok perkumpulan Basket berkumpul di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota besar lainnya. Salah satu tokoh olahraga Nasional meminta untuk membentuk organisasi Basket di Indonesia dan akhirnya terbentuklah organisasi dengan nama “Persatuan Basket Seluruh Indonesia”.

Dasar Permainan Basket

Bola Basket adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu dimana masing-masing terdiri dari 5 orang. Inti pada olahraga ini adalah mencetak angka sebanyak-banyaknya dengan cara memasukan bola kedalam ring lawan.

Standar internasional permainan bola basket adalah 4 babak, waktu setiap babaknya adalah 10 menit (4×10 menit),  dengan jeda waktu istirahat 10 menit. Tapi khusus untuk NBA berbeda, mereka menggunakan format 12 menit per setiap babaknya (4×12 menit).

Permainan Basket terdiri dari 4 dasar yaitu Passing, Dribble, Shooting, Rebound dan juga Pivot. Di artikel ini kami akan mejelaskannya dengan rinci, simak pembahasan berikut :

    1. Passing

      Passing atau operan adalah cara memberikan bola ke pada lawan dalam permainan Basket. Passing sendiri terbagi menjadi 12 cara yaitu Bounce Pass, Chest Pass, Overhead Pass, Baseball Pass, Jump Pass, Blind Pass, Behind The Back Pass, Elbow Pass, Shoulder Pass, Hand of Pass, Hook Pass, dan juga Underhead Pass.

    2. Dribble

      Dribble dalam permainan Bola Basket adalah cara membawa atau menggiring bola dengan memantulkan bola ke lantai, caranya bola dipantulkan dengan telapak tangan yang mendorong bola ke lantai bukan memukul bola.

      Dribble juga dibagi menjadi 7 bagian yaitu Change of Pace Dribble, Low of Control Dribble, High or Speed Dribble, Crossover Dribble, Behind The Back Dribble, Between the Legs Dribble, Reverse Dribble.

    3. Shooting

      Dasar permainan Bola Basket selanjutnya yaitu Shooting, disini shooting dalam bola basket adalah cara memasukan bola ke dalam ring lawan. Sama seperti Pass dan Dribble, Shooting dibagi menjadi 6 cara yaitu Set Shoot, Lay Up Shoot, Underhand Shoot, Jump Shoot, Hook Shoot dan Dunking.

    4. Rebound

      Rebound adalah cara bermain Bola Basket dimana seorang pemain menangkap atau mendapatkan bola pantul yang tidak berhasil masuk kedalam ring yang ditembakan oleh lawan. Yang melakukan Rebound kebanyakan adalah seorang yang berada di posisi Center atau Power Forward, karena Rebound lebih efektif untuk orang yang bertubuh lebih tinggi dan juga posisi yang dekat dengan ring.

      Rebound dibagi menjadi 2 yaitu Offensive Rebound dan Defensive Rebound. Offensive Rebound terjadi jika pemain mendapatkan bola pantul yang tidak masuk kedalam ring oleh teman. Sedangkan Defensive Rebound terjadi jika pemain mendapatkan bola pantul yang tidak masuk kedalam ring oleh lawan.

    5. Pivot

      Yang satu ini merupakan dasar permainan Bola Basket dengan posisi bola yang masi berada di tangan (mempertahanlkan bola) dari lawan. Dengan menggunakan gerakan badan, putaran kaki atau badan dapat berputar hingga 360 derajat selama kaki satunya tidak ikut bergeser, karena kaki satunya dijadikan sebagai tumpuan jika kedua kaki ikut bergerak maka akan terjadi pelanggaran.

Nama Posisi Pemain Bola Basket

Posisi pemain Bola Basket terbagi menjadi 3 bagian yaitu Guard, Center, Forward dan kami akan menjelaskan dengan detail dibawah ini.

    • Guard

      Guard adalah posisi pemain yang berada didepan untuk mencetak angka dan menerobos pertahanan lawan. Dalam Starter terdapat 2 Guard yaitu Point Guard yang bertugas untuk memegang kendali penuh atas penyerangan daerah lawan. Dan Shooting Guard yang bisa bergerak lincah dan cepat, posisi ini biasanya juga ahli dalam mencetak angka.

    • Center

      Pemain ini termaksud pemain yang paling penting dalam sebuah team Basket, Center biasanya memiliki loncatan dan tubuh yang tinggi. Center juga diwajibkan memiliki keseimbangan tubuh yang baik agar tidak mudah terjatuh saat ditabrak oleh lawan.

      Center dibutuhkan untuk menyerang dan memasukan bola, tetapi Center juga diperlukan untuk menjaga ring agar tidak kemasukan bola dari lawan.

    • Forward

      Pemain yang berada paling belakang bertugas untuk menjaga pertahanan agar tidak kemasukan angka. Sama seperti Guard, posisi Forward dibagi menjadi 2 yaitu Smaal Forward yang biasanya memiliki kecepetan lebih dari Center dan lainnya, Small Forward biasanya membantu Forward lain merebut Bola dari team lawan. Dan juga Power Forward biasanya tidak hanya handal mempertahankan ring tapi juga ahli melakukan kerja sama melakukan Rebound bersama sang Center.

Aturan Waktu Membawa Bola Basket

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) mengeluarkan beberapa aturan tentang waktu penguasaan bola.

    1. Peraturan 3 Detik

      Saat team sedang menguasai bola, pemain hanya boleh berada di dalam area terlarang lawan selama 3 detik. Bila lebih dari 3 detik akan dianggap sebagai pelanggaran.

    2. Peraturan 8 Detik

      Pemain boleh mempertahankan bola di daerah teamnya sendiri, tetapi dibatasi waktu selama 8 detik. Jika bola masih berada di daerah pertahanan team setelah lewat waktu 8 detik, hal ini dianggap sebagai pelanggaran.

    3. Peraturan 24 Detik

      Pemain boleh melakukan serangan hanya dalam waktu 24 detik sebelum bola menyentuh ring. Bila penyerangan dilakukan lebih dari waktu yang ditentukan, team akan dinyatakan melakukan pelanggaran.

 Aturan Main Lainnya

      • Pemain boleh melemparkan bola dengan teknik apa saja, tetapi dilarang memukul dengan cara meninju.
      • Pemain dilarang berlari sambil membawa/memegang bola. Pemain harus menggiring bola dengan cara men-dribble.
      • Pemain dilarang melakukan double dribble. Jadi, setelah menggiring dan berhenti di satu titik (bola sudah ditangkap/dipegang dengan kedua tangan), pemain dilarang kembali melakukan dribble.
      • Toleransi jumlah pelanggaran yang dilakukan oleh setiap pemain adalah empat kali. Saat melakukan pelanggaran yang kelima, pemain bisa didiskualifikasi.