Tips Olahraga di Tengah Pandemi

Tips Olahraga di Tengah Pandemi

Olahraga Aman di Masa Pandemi

Jika sebelum pandemi kamu jarang melakukan olahraga, maka sebaiknya hal ini tidak kamu lakukan lagi. Karena di masa pandemi ini, kita dituntut untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga secara rutin. Dengan olahraga, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang fungsinya agar membuat perasaan jadi lebih bahagia. Tapi karena sekarang ini masih pandemi, kamu harus pastikan jika olahraga yang dilakukan adalah olahraga yang aman. Sebelum berolahraga, pastikan kamu telah melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Berolahraga minimal 30 menit

Di tengah pandemi in, WHO menyarankan agar kita melakukan olahraga setiap hari minimal 30 menit. Ini bisa dilakukan 5 kali seminggu. Tapi kamu perlu ingat pada saat melakukan olahraga, tahapan-tahapan yang kamu lakukan sudah benar. Mulailah berolahraga dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu, lanjut ke gerakan inti dan diakhiri dengan gerakan pendinginan. Jika kamu melakukan latihan fisik dengan benar, ini akan menjauhkan kamu dari terjadinya cedera.

Jika kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga di pagi hinga sore hari, kamu bisa melakukan olahraga di malam hari. Tapi kamu tetap harus ingat jika melakukan olahraga di malam hari. Waktu yang kamu gunakan jangan terlalu malam. Waktu ideal untuk berolahraga di malam hari adalah 2 jam sebelum tidur. Jika kamu melakukan latihan fisik dekat dengan jam tidur, maka kamu akan mengalami kesulitan pada saat tidur karena badan masih terasa panas akibat berolahraga.

  1. Melakukan olahraga fisik di rumah saja

DI tengah pandemi ini, alangkah lebih baik jika olahraga fisik dilakukan di rumah saja. Karena rumah sendiri biasanya akan terjaga kebersihannya. Selain itu, rumah menjadi tempat paling aman jika ingin berlindung dari virus covid-19. Jadi kamu bisa manfaatkan rumah kamu untuk melakukan kegiatan olahraga yang aman. Kamu juga akan lebih leluasa pada saat berolahraga. Karena di rumah, kamu hanya akan berinteraksi dengan keluarga sendiri yang tentunya risiko terkena virus ini akan jadi lebih sedikit. Meski dilakukan di rumah, kamu tetap harus berolahraga dengan optimal. Salah satu olahraga yang dapat kamu lakukan di tengah pandemi ini adalah melakukan treadmill, senam, yoga, squat dan beberapa olahraga fisik lain.

Jika kamu butuh pelatih, kamu bisa mendapatkan pelatih kebugaran yang kini membuka kelas secara online. Kamu bisa tonton tutorialnya di youtube secara gratis. Tapi sebelum itu, pastikan jika level olahraga yang kamu lakukan sesuai fisik dan kemampuan yang kamu miliki. Jika kamu bosan melakukan kegiatan fisik di rumah, boleh-boleh saja berolahraga di outdoor. Tapi kamu harus bisa mengurangi kontak langsung dengan orang lain. Dan jangan menggunakan alat olahraga dengan orang lain secara bersama-sama.

  1. Wajib minum air putih yang cukup

Jika sudah berolahraga, kamu harus minum air putih supaya tidak dehidrasi karena aktivitas olahraga yang menguras keringan. Dalam setiap harinya, kamu harus mengonsumsi air putih minimal 2,5 liter. Dengan minum air putih yang cukup, lemak-lemak di tubuh akan terbakar dan metabolisme tubuh juga akan meningkat. Air putih juga membuat saluran pencernaan jadi lancar. Tidak hanya itu, dengan air putih ini juga sistem imun tubuh akan jadi lebih meningkat.

  1. Olahraga sendiri di luar rumah

Jika kamu sudah bosan melakukan olahraga sendiri di rumah dan ingin sekali berolahraga di luar ruangan, kamu tetap bisa melakukannya tapi dengan syarat olahraga tersebut dilakukan seorang diri. Hindari kontak langsung dengan orang lain karena kita tidak tahu apakah orang tersebut sehat atau sudah terinfeksi virus corona. Jika kamu berolahraga di gym atau pusat kebugaran juga harus menghindar dari olahraga yang dilakukan secara tim. Kamu bisa berolahraga sendiri di luar seperti jalan kaki, lari, skiping, joging dan lain-lain.

  1. Menggunakan masker saat berolahraga

Dan pada saat berolahraga di outdoor, sebaiknya kamu harus tetap memperhatikan protokol kesehatan salah satunya menggunakan masker. Mungkin kamu tidak nyaman apalagi jika masker yang digunakan membuat sistem pernafasan jadi terganggu. Tetapi, dengan menggunakan masker, kamu akan terhindar dari risiko tertular virus covid-19 ini. Pada saat berolahraga, tubuh akan berkeringat dan membuat masker jadi cepat basah. Ini tentu akan membuat kemampuan masker dalam memfiltrasi udara jadi berkurang. Jadi apabila nanti kamu ingin berolahraga di luar rumah, sebaiknya siapkan masker cadangan karena masker yang kita pakai harus dalam keadaan kering.

  1. Tetap jaga jarak

Terakhir, jika kamu ingin berolahraga yang aman di tengah pandemi, apalagi olahraga tersebut dilakukan di luar rumah maka yang harus kamu lakukan adalah menjaga jarak dengan orang lain di uar. Usahakan jaga jarak aman minimal 2 meter. Dengan menjaga jarak ini, kamu akan terhindar dari risiko tertularnya virus covid-19 ini.